Hampir setiap bulan atau bahkan seminggu sekali ada pemadaman PLN bergilir di daerahku. Ada di daerah yang lain justru malah belum tersentuh dengan listrik. Kita wajib bersyukur karena era kegelapan ( tanpa listrik) sudah tak lagi ada. Tapi yang jadi masalah sekarang kita justru boros menggunakan listrik. Padahal energy listrik itu sendiri menggunakan bahan bakar untuk membentuk menjadi listrik. Bisa menggunakan PLTA, PLTU, PLTG, dll. Yang pasti tidak bisa listrik muncul secara instan.
PLN sebagai perusahaan listrik Negara bersama blogdetik mengadakan lomba yang cukup baik yaitu lomba ideku untuk PLN dengan harapan para blogger dapat memberikan ide terbaiknya untuk PLN. Jangan sampai kelewatan ya. Sekarang lanjut lagi bahasannya.
Berbagai langkah telah di lakukan PLN untuk mengurangi pasokan listrik di berbagai daerah. Mungkinkah kiamat listrik bisa terjadi? Bisa saja kalau kita semua terlalu boros dengan listrik sehingga lama kelamaaan energi listrik habis, nah lho kegelapan di malam hari muncul lagi. Bisa pula kembali ke zaman dahulu menggunakan lampu minyak. Lalu, menggunakan lilin, hal ini pun tak bisa menerangi seperti sekarang.
Dalam sehari-hari kita bahkan tak lepas dari kebutuhan akan listrik. Berikut ini adalah hal-hal yang menggunakan energi listrik
1. Lampu untuk penerangan
2. Televisi
3. Mesin cuci
4. Setrika
5. Rice cooker
6. Blender
7. HP, Laptop, Power bank
8. Kulkas
9. Dispenser
10. AC
Sepuluh hal-hal tersebut adalah salah satu kegunaan vital listrik dalam kehidupan sehari-hari, bisa jadi kalau tak ada listrik kembali ke zaman dahulu lagi sangat tradisional
Ada beberapa ide agar kita mampu berhemat listrik
1. Menggunakan listrik seperlunya misal mematikan lampu bila tidak dipakai, mematikan komputer bila tidak di pakai, menggunakan HP jika diperlukan
2. Meminimalisir alat-alat rumah tangga yang berupa listrik. Contoh tidak perlu menggunakan kipas angin jika tidak terlalu butuh, atau tidak perlu memasang AC
3. Menggunakan lampu yang hemat energi atau menggunakan lampu LED
4. Mematikan listrik jika bepergian
Sedangkan yang kedua ialah ideku untuk PLN
Ideku PLN untuk mencari energi alternatif baru
Memberikan ketenangan bagi pelanggan saya rasa tidak masalah. Agar PLN tidak byar pet maka ada jalan lain yaitu membangun sumber pembangkit listrik. Yang sudah jamak untuk pembangkit listrik PLN yaitu menggunakan pembangkit listrik tenaga Air, untuk PLTU, PLTN masih sedikit. Nah bagaimana agar memperoleh PLTA?
Membuat waduk. Kok bisa, dengan membuat waduk dapat memanfaatkan air nya menjadi PLTA ya contohnya waduk gajah mungkur di Wonogiri. Bisa di bilang dulu tempat saya mengikuti sumber yang dari sini jarang sekali mati.
Bisa juga menggunakan tenaga surya saat saya pergi ke Ngawi ada daerah yang menggunakan energi matahari untuk keperluan listrik.
Iklan di televisi masih belum efektif, maka maksimalkan iklan di medsos.
Sebagian masyarakat kita ketika sedang iklan mengganti dengan channel lain, kecuali di jam-jam prime time atau acara tsb mempunyai ratting tinggi. Jika PLN memasang iklan di jam-jam jarang penonton pun juga sedikit yang menggubris. Ada cara lain dari pada menggunakan iklan di tv, tapi iklan di masyarakat. Yaitu melalui penyuluhan di desa. Selain itu juga bisa melalui media sosial.
Memilih karyawan yang jujur dan berintegritas tinggi
Para karyawan merupakan salah satu bagian penting dari sebuah perusahaan pelayanan. Jika karyawan PLN memberikan pelayanannya dengan baik maka otomatis pelanggannya senang. Selain itu memilih pegawai karyawan haruslah jujur jangan sampai ada petugas pencatat meteran yang tidak terjun langsung kerumah-rumah.
Promosi penghematan energi
Baru sebulan lalu teman saya yang merupakan pegawai di Jakarta menge-share penggunaan listrik setiap hari dengan biaya makanan atau kebutuhan kita sehari-hari jika di bandingkan maka biaya listrik di Indonesia sangat murah saking murahnya masyarakat kadang tak mengindahkannya. Oleh karena itu PLN harus lebih gencar lagi dalam promosi agar hemat energi. Misalkan saja menyebarkan gambar tersebut di medsos, atau di buat iklan di media.
Memberi tahu saat terjadi pemadaman bergilir.
Saat terjadi pemadaman bergilir seharusnya ada pengumuman terlbih dahulu kepada pelanggaan dengan cara memberikan surat memo terjadi pemadaman. Lalu bagaimana cara menyebarkan memo? Bisa saja menyuruh petugas listrik mencatat meteran atau yag lain, atau menggunakan pengumuman lewat RT atau RW.
Saya kadang mengeluh ketika terjadi pemadaman bergilir yang mendadak. Seharusnya ada cara yang lebih baik bagi PLN untuk memberitahukan kepada para pelanggannya. Bagaimana tidak suntuk kalau tiba-tiba lampu mati di jam padat. Misalnya, waktu menyetrika baju, menanak nasi di rice cooker, atau alat elektronik kulkas masih menyala. Pet.. tiba-tiba mati, okelah ketika ini masih belum membahayakan nyawa, paling-paling elektronik jadi cepat rusak , dan saya berharap agar tidak rusak.
Memberikan pelayanan yang prima, dan memanjakan pelanggan yang tertib dengan reward (Hadiah)
Di bidang lain PLN harus mempunyai inovasi lain terkait pembangkit listrik yang dikelola secara mandiri. Saya beri contoh ketika saya pergi ke Banjarnegara di sana ternyata tidak berlangganan PLN melainkan merupakan swadaya masyarakat memanfaatkan waduk setempat untuk di buat pembangkit listrik. Walaupun mengasilkan daya yang sedikit masih dapat memenuhi kebutuhan di desa tersebut. JAdi hanya beberapa tempat yang krusial yang mendapat penerangan Karena daya yang ada cukup minim. Kalau malam hari dsa tersebut hampir gelap gulita, tetapi di rumah rumah terang.
Memberikan reward kepada pelanggan PLN yang menggunakan daya listrik yang tepat waktu membayar tagihan atau memberikan bonus saat ganti daya misal dari daya 450 ke 900, atau 900 ke 1300.
Memberikan reward bagi pelanggan yang mau berpindah dari listrik pasca bayar ke pra bayar, program pra bayar merupakan program dari PLN. Yaitu pelanggan menggunakan pulsa listrik untuk menggunakan daya jadi pelanggan bisa menghitung sendiri pengeluarannya.
Penyegaran program PLN
Ada banyak program di PLN, untuk itu perlu di tinjau lagi program mana yang menunjukkan perkembangan dan program mana yang kurang berkembang. Seperti program yang diadakan olh PLN dan Blogdetik ini merupakan program yang baik. Yaitu mengajak para blogger untuk urun rembug berbagi ide untuk PLN. Saya yakin ada banyak blogger yang ikut serta dalam lomba ini, selain tergiur hadianya ada yang lebih penting yaitu memberikan ide kita untuk PLN. Lomba ini sering diadakan saat hari listrik nasional, harapannya adalah tetap ada tiap tahun.Selain itu ada lagi program listrik pintar, itu juga perlu dikembangkan lagi. Semoga PLN makin berkembang.
Kesimpulan
Dari yang saya utarakan di atas saya simpulkan ada beberapa langkah yang bisa dijadikan pertimbangan
1. segi teknologi yaitu memanfaatkan teknologi yang ada untuk mencari sumber energi baru
2. segi iklan memaksimalkan iklan PLN agar hemat energi, bisa menngunakan medsos maupun getok tular dari mulut ke mulut atau dari tulisan
3. segi karyawan menyeleksi karyawan yang jujur dan berintegritas, jangan asal ambil
4. segi penghematan yaitu dengan melakukan pemadaman bergilir namun dengan pemberitahuan
5. segi pelanggan yaitu memberikan pelayanan yang baik dengan memberikan reward
6. segi program yaitu memberikan program-program yang menarik selain itu juga mengedukasi salah satunya adalah lomba blog ini.
7. segi CSR yaitu memberikan beasiswa bagi siswa, bisa juga meberikan bantuan pengetahuan bagi desa yang berpotensi untuk membangun tenaga listrik secara swadaya. Dengan edukasi dari PLN diharap desa ter pencil yang susah aksesnya bisa juga menikmati listrik
Selain ide-ide tersebut, saya sebagai pelanggan PLN berusaha untuk menghemat energi. Memulai kebiasaan dari diri sendiri, jika kita bisa berhemat sedikit saja maka akan banyak manfaatnya. Misal saja kita berhemat daya 100 watt dikalikan 1.000.000 rumah sudah berapa? penduduk kita yang menggunakan listrik ada puluhan juta, tinggal dikalikan saja maka sesungguhnya berhemat dimulai dari diri kita dan tentu saja PLN sebagai penyedia layanan
Yang terakhir bagi teman-teman blogger yang ingin berpartisipasi untuk memberikan ide bagi PLN bisa berkunjung ke blog detik atau klik banner di bawah ini.
PLN sebagai perusahaan listrik Negara bersama blogdetik mengadakan lomba yang cukup baik yaitu lomba ideku untuk PLN dengan harapan para blogger dapat memberikan ide terbaiknya untuk PLN. Jangan sampai kelewatan ya. Sekarang lanjut lagi bahasannya.
Berbagai langkah telah di lakukan PLN untuk mengurangi pasokan listrik di berbagai daerah. Mungkinkah kiamat listrik bisa terjadi? Bisa saja kalau kita semua terlalu boros dengan listrik sehingga lama kelamaaan energi listrik habis, nah lho kegelapan di malam hari muncul lagi. Bisa pula kembali ke zaman dahulu menggunakan lampu minyak. Lalu, menggunakan lilin, hal ini pun tak bisa menerangi seperti sekarang.
Dalam sehari-hari kita bahkan tak lepas dari kebutuhan akan listrik. Berikut ini adalah hal-hal yang menggunakan energi listrik
1. Lampu untuk penerangan
2. Televisi
3. Mesin cuci
4. Setrika
5. Rice cooker
6. Blender
7. HP, Laptop, Power bank
8. Kulkas
9. Dispenser
10. AC
Contoh alat rumah tangga yang memakai listrik ( lazada) |
Sepuluh hal-hal tersebut adalah salah satu kegunaan vital listrik dalam kehidupan sehari-hari, bisa jadi kalau tak ada listrik kembali ke zaman dahulu lagi sangat tradisional
Ada beberapa ide agar kita mampu berhemat listrik
1. Menggunakan listrik seperlunya misal mematikan lampu bila tidak dipakai, mematikan komputer bila tidak di pakai, menggunakan HP jika diperlukan
2. Meminimalisir alat-alat rumah tangga yang berupa listrik. Contoh tidak perlu menggunakan kipas angin jika tidak terlalu butuh, atau tidak perlu memasang AC
3. Menggunakan lampu yang hemat energi atau menggunakan lampu LED
4. Mematikan listrik jika bepergian
Sedangkan yang kedua ialah ideku untuk PLN
Ideku PLN untuk mencari energi alternatif baru
Memberikan ketenangan bagi pelanggan saya rasa tidak masalah. Agar PLN tidak byar pet maka ada jalan lain yaitu membangun sumber pembangkit listrik. Yang sudah jamak untuk pembangkit listrik PLN yaitu menggunakan pembangkit listrik tenaga Air, untuk PLTU, PLTN masih sedikit. Nah bagaimana agar memperoleh PLTA?
Membuat waduk. Kok bisa, dengan membuat waduk dapat memanfaatkan air nya menjadi PLTA ya contohnya waduk gajah mungkur di Wonogiri. Bisa di bilang dulu tempat saya mengikuti sumber yang dari sini jarang sekali mati.
Bisa juga menggunakan tenaga surya saat saya pergi ke Ngawi ada daerah yang menggunakan energi matahari untuk keperluan listrik.
Danau yang bisa dimanfaatkan airnya untuk PLTA |
Iklan di televisi masih belum efektif, maka maksimalkan iklan di medsos.
Sebagian masyarakat kita ketika sedang iklan mengganti dengan channel lain, kecuali di jam-jam prime time atau acara tsb mempunyai ratting tinggi. Jika PLN memasang iklan di jam-jam jarang penonton pun juga sedikit yang menggubris. Ada cara lain dari pada menggunakan iklan di tv, tapi iklan di masyarakat. Yaitu melalui penyuluhan di desa. Selain itu juga bisa melalui media sosial.
Memilih karyawan yang jujur dan berintegritas tinggi
Para karyawan merupakan salah satu bagian penting dari sebuah perusahaan pelayanan. Jika karyawan PLN memberikan pelayanannya dengan baik maka otomatis pelanggannya senang. Selain itu memilih pegawai karyawan haruslah jujur jangan sampai ada petugas pencatat meteran yang tidak terjun langsung kerumah-rumah.
Promosi penghematan energi
Hemat energi |
Memberi tahu saat terjadi pemadaman bergilir.
Saat terjadi pemadaman bergilir seharusnya ada pengumuman terlbih dahulu kepada pelanggaan dengan cara memberikan surat memo terjadi pemadaman. Lalu bagaimana cara menyebarkan memo? Bisa saja menyuruh petugas listrik mencatat meteran atau yag lain, atau menggunakan pengumuman lewat RT atau RW.
Saya kadang mengeluh ketika terjadi pemadaman bergilir yang mendadak. Seharusnya ada cara yang lebih baik bagi PLN untuk memberitahukan kepada para pelanggannya. Bagaimana tidak suntuk kalau tiba-tiba lampu mati di jam padat. Misalnya, waktu menyetrika baju, menanak nasi di rice cooker, atau alat elektronik kulkas masih menyala. Pet.. tiba-tiba mati, okelah ketika ini masih belum membahayakan nyawa, paling-paling elektronik jadi cepat rusak , dan saya berharap agar tidak rusak.
Memberikan pelayanan yang prima, dan memanjakan pelanggan yang tertib dengan reward (Hadiah)
Di bidang lain PLN harus mempunyai inovasi lain terkait pembangkit listrik yang dikelola secara mandiri. Saya beri contoh ketika saya pergi ke Banjarnegara di sana ternyata tidak berlangganan PLN melainkan merupakan swadaya masyarakat memanfaatkan waduk setempat untuk di buat pembangkit listrik. Walaupun mengasilkan daya yang sedikit masih dapat memenuhi kebutuhan di desa tersebut. JAdi hanya beberapa tempat yang krusial yang mendapat penerangan Karena daya yang ada cukup minim. Kalau malam hari dsa tersebut hampir gelap gulita, tetapi di rumah rumah terang.
Memberikan reward kepada pelanggan PLN yang menggunakan daya listrik yang tepat waktu membayar tagihan atau memberikan bonus saat ganti daya misal dari daya 450 ke 900, atau 900 ke 1300.
Memberikan reward bagi pelanggan yang mau berpindah dari listrik pasca bayar ke pra bayar, program pra bayar merupakan program dari PLN. Yaitu pelanggan menggunakan pulsa listrik untuk menggunakan daya jadi pelanggan bisa menghitung sendiri pengeluarannya.
Penyegaran program PLN
Ada banyak program di PLN, untuk itu perlu di tinjau lagi program mana yang menunjukkan perkembangan dan program mana yang kurang berkembang. Seperti program yang diadakan olh PLN dan Blogdetik ini merupakan program yang baik. Yaitu mengajak para blogger untuk urun rembug berbagi ide untuk PLN. Saya yakin ada banyak blogger yang ikut serta dalam lomba ini, selain tergiur hadianya ada yang lebih penting yaitu memberikan ide kita untuk PLN. Lomba ini sering diadakan saat hari listrik nasional, harapannya adalah tetap ada tiap tahun.Selain itu ada lagi program listrik pintar, itu juga perlu dikembangkan lagi. Semoga PLN makin berkembang.
Kesimpulan
Dari yang saya utarakan di atas saya simpulkan ada beberapa langkah yang bisa dijadikan pertimbangan
1. segi teknologi yaitu memanfaatkan teknologi yang ada untuk mencari sumber energi baru
2. segi iklan memaksimalkan iklan PLN agar hemat energi, bisa menngunakan medsos maupun getok tular dari mulut ke mulut atau dari tulisan
3. segi karyawan menyeleksi karyawan yang jujur dan berintegritas, jangan asal ambil
4. segi penghematan yaitu dengan melakukan pemadaman bergilir namun dengan pemberitahuan
5. segi pelanggan yaitu memberikan pelayanan yang baik dengan memberikan reward
6. segi program yaitu memberikan program-program yang menarik selain itu juga mengedukasi salah satunya adalah lomba blog ini.
7. segi CSR yaitu memberikan beasiswa bagi siswa, bisa juga meberikan bantuan pengetahuan bagi desa yang berpotensi untuk membangun tenaga listrik secara swadaya. Dengan edukasi dari PLN diharap desa ter pencil yang susah aksesnya bisa juga menikmati listrik
Selain ide-ide tersebut, saya sebagai pelanggan PLN berusaha untuk menghemat energi. Memulai kebiasaan dari diri sendiri, jika kita bisa berhemat sedikit saja maka akan banyak manfaatnya. Misal saja kita berhemat daya 100 watt dikalikan 1.000.000 rumah sudah berapa? penduduk kita yang menggunakan listrik ada puluhan juta, tinggal dikalikan saja maka sesungguhnya berhemat dimulai dari diri kita dan tentu saja PLN sebagai penyedia layanan
Yang terakhir bagi teman-teman blogger yang ingin berpartisipasi untuk memberikan ide bagi PLN bisa berkunjung ke blog detik atau klik banner di bawah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar