Honda merupakan salah satu produk dari astra yang sering di
pakai keluarga saya. Mulai honda pletuk, beat honda legenda. Semua itu
merupakan produk dari astra honda motor. Tahukah kamu ternyata produk dari
astra tak hanya itu saja, bahkan untuk produk otomotif ada astra Daihatsu yang
juga memproduksi otomotif seperti mobil Daihatsu ada merk Ayla, Terios dll. Ada
pula Astra Toyota yang produknya hampir sama dengan Daihatsu. Mereka semua itu
merupakan produk dari grup astra melalui anak perusahaan yang berbeda. Itu
hanya beberapa produk yang saya kenal. Kontribusi astra untuk negeri ini cukup
banyak karena ada banyak hal yang belum banyak diketahui oleh orang.
.
Produk dan Layanan
Astra
Hanya secuil itu yang saya ketahui tentang produk astra
ternyata tidak ada banyak . Perusahaan Astra yang didirikan 60 tahun lalu
memiliki beberapa aktivitas bisnis, Aktivitas bisnis Grup Astra telah
berkembang pesat meliputi enam lini bisnis, yaitu otomotif, jasa keuangan, alat
berat dan pertambangan, agribisnis, infrastruktur, logistik dan lainnya serta
teknologi informasi.
Produk otomotif bisa berupa sepeda motor yang di produksi
oleh Honda, mobil yang di produksi oleh Toyota, Daihatsu, Izusu, P uoget, BMW,
UD Truck, komponen yang di produksi oleh astra oto part dsb. Untuk jasa
keuangan melalui pembiayaan mobil, pembiayaan motor, pembiayaan alat berat, ,
asuransi umum dan perbankan. Bisnis alat berat meliputi mesin konstruksi,
kontraktor penambangan, pertambangan. Sedangkan Agribisnis digawangi oleh PT
Astra Agro Lestari. Dibidang infrastruktur dan logistic mencakup jaringan
infrastruktur, jaringan logistic, dan property. Kemudian di bisnis yang
terakhir dibidang informasi. Dari keseluruhan bisnis astra menurut saya yang
paling sering kita nikmati adalah produk dari otomatif.
beat produk dari astra honda |
Aktivitas bisnis Astra dilakukan oleh 198 anak perusahaan,
perusahaan asosiasi, dan jointly-controlled entities yang didukung oleh 221.046
karyawan. Pada Desember 2015, Astra merupakan salah satu perusahaan dengan
nilai kapitalisasi saham terbesar di Bursa Efek Indonesia, yaitu sebesar
Rp242,9 triliun. Kehadiran Astra mempengaruhi putaran kehidupan lebih dari 10
juta pelanggan yang menggunakan produk-produk Astra.
Selama lebih dari 58 tahun, produk dan jasa Astra yang
dinikmati oleh pasar ritel dan korporasi di seluruh Nusantara serta menyentuh
pasar ekspor ke berbagai negara di dunia turut memberikan andil bagi
pertumbuhan perekonomian nasional. Pada tahun 2015, Astra tetap mampu mempertahankan
pangsa pasar domestik berbagai produk dan jasanya, antara lain: Grup kendaraan
roda empat meraih pangsa pasar sebesar 50%; pangsa pasar sepeda motor Honda
meningkat dari 64% di tahun 2014 menjadi 69%; dan untuk unit alat berat, PT
United Tractors Tbk tetap memimpin pasar sebesar 36%. Komitmen jangka panjang
Astra kepada pelanggan dan reputasi yang dibangun Perusahaan melalui tata
kelola yang baik menjadikan Astra sebagai sebuah perusahaan besar yang teruji
dan terpercaya.
Menjadi Kebanggaan
Bangsa
Astra telah menetapkan tujuan bagi Perusahaan di tahun 2020
yaitu menjadi ‘Kebanggaan Bangsa’, dengan ini berarti skala bisnis yang
signifikan tidak cukup. Astra terus membangun reputasi sebagai perusahaan yang
memiliki produk dan jasa yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar domestik,
regional, dan global serta kehadirannya dapat memberikan manfaat berupa
kontribusi sosial berkelanjutan yang dapat menjadi inspirasi dan senantiasa
berkontribusi dalam pembangunan melalui bisnis dengan tanggung jawab sosial
berlandaskan filosofi Catur Dharma Astra yaitu ‘Menjadi Milik yang Bermanfaat
bagi Bangsa dan Negara’.
Astra senantiasa berupaya menjadi inspirasi pembangunan.
Sehingga, kegiatan bisnis bukan hanya berarti pertumbuhan profit semata, tetapi
juga tentang bagaimana berkontribusi untuk pembangunan Bangsa Indonesia. Inilah
visi pendiri Astra yang tetap menjadi Visi Astra 2020.
Astra mengharuskan pertumbuhan yang berimbang dalam
Strategic Triple Roadmap, yaitu pertumbuhan portofolio bisnis, sumber daya
manusia, dan kontribusi sosial dan lingkungan secara serentak. Astra menekankan
partisipasi dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia melalui panduan Public
Contribution Roadmap, yang diterapkan dalam inisiatif SATU Indonesia (Semangat
Astra Terpadu Untuk Indonesia) sebagai langkah nyata Grup Astra beserta delapan
yayasan untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas
masyarakat Indonesia.
CSR Grup Astra
Dengan karsa, cipta dan karya terpadu, dapat diciptakan
nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia di bidang pendidikan, pelestarian
lingkungan, pelayanan kesehatan dan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah yang
mendukung pendapatan ekonomi bagi masyarakat luas.
Pilar strategic roadmap Astra yang ketiga adalah Public
Contribution. Pilar ini tidak hanya mewakili komitmen kuntuk menjadi warga
korporasi yang baik dengan melaksanakan pelestarian lingkungan dan kegiatan
filantrofi sosial, namun melalui pilar ini lingkungan dan sosial lebih jauh
diimplementasikan ke dalam arah strategi dan perencanaan bisnis di seluruh anak
perusahaan Astra.
Public Contribution dalam implementasinya memiliki 2 sisi,
yakni Lingkungan dan Sosial Masyarakat. Dalam implementasinya keduanya
dijabarkan menjadi kebijakan, target yang terukur, kriteria serta prosedur
pelaksanaan yang dirangkum dalam Astra Gree Company (AGC) dan Astra Friendly
Company (AFC).
Astra Green Company mewujudkan komitmen Astra dalam
pengelolaan lingkungan, kesehatan dan keselamatan dan dicantumkan dalam
Corporate Policy Communication Social Responsibility and Security (CSRS) serta
berbagai turunan programnya yang mencakup efisiensi sumber daya alam,
pengurangan limbah, emisi gas rumah kaca, dan penerapan zero workplace incident
melalui program behavior based safety Astra Green Company (AGC) dibangun di
atas konsep bahwa pada setiap pengambilan keputusan bisnis, manajemen yang
secara sadar meletakkan pertimbangan perlindungan lingkungan, keselamatan &
kesehatan kerja (LK3) pemangku kepentingan.
AGC merupakan perangkat asesmen Astra untuk memantau
pencapaian kinerja perusahaan terhadap pilar sistem manajemen yaitu Green
Strategy, Green Process, Green Product dan Green Employee serta pencapaian
critical point di bidang Lingkungan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja (LK3) dan
Kepatuhan Hukum. AGC memiliki 16 kategori kriteria AGC spesifik berdasarkan
jenis industri lini bisnis Grup Astra. Kriteria tersebut diadopsi dari Standar
Internasional seperti ISO 9001, ISO 14001 serta OHSAS 18001 serta
mengintegrasikan kepatuhan peraturan lingkungan dan K3 nasional.
Sedangkan Astra Friendly Company mencantumkan berbagai
arahan strategi dan implementasi Astra dalam berinteraksi dengan para pemangku
kepentingan, masyarakat sekitar operasional kami, pelaksanaan kegiatan CSR, dan
berbagai kegiatan sosial lainnya. Melalui Astra Friendly Company, kami
bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan setiap komponen masyarakat
sehingga kami dapat diterima baik dan menjadi bagian dari masyarakat.
Beberapa Kegiatan CSR
Astra
Sebuah studi kasus CSR yang menarik adalah transformasi
sebuah kampung di Surabaya, dekat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, menjadi
sebuah Kampung BERSERI Astra yang bersih dan hijau serta masyarakat yang sehat,
cerdas dan produktif. Model seperti di harapkan terus terjadi yaitu pendekatan
yang terintegrasi dari 4 pilar CSR Astra (Pendidikan, Lingkungan, Income
Generating Activity, dan Kesehatan). Inisiatif inovasi program-program CSR
Astra seperti: Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas, GenerAKSISEHATIndonesia dan
GenerAKSICERDASIndonesia dikembangkan agar memberikan nilai tambah yang
berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia. Ke depan Grup Astra dan kesembilan
yayasannya akan terus meningkatkan program tanggung jawab sosial sekaligus
mendukung upaya pencapaian Sustainable Development Goals di Indonesia.
Khusus untuk pencapaian di bidang Lingkungan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (LK3), Astra Green
Company dan Astra Friendly Company untuk menjalankan bisnis yang bertanggung
jawab yang selaras dengan prinsip pembangunan berkelanjutan, Triple Bottom
Line. Pada tahun 2015, Astra terus meningkatkan program-program inisiatif
strategis di bidang LK3, antara lain: Behavior Based Safety dan Contractor
Safety Management untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja di tempat kerja,
penerapan program sustainable consumption di bidang lingkungan dan upaya
penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) melalui Astra Green Energy yang
dikembangkan sebagai guidance integrasi manajemen dan audit energi.
CSR Astra |
Kesembilan yayasan tersebut adalah Yayasan Toyota &
Astra, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Yayasan Astra Bina Ilmu, Yayasan Astra
Honda Motor, Yayasan Amaliah Astra, Yayasan Karya Bakti United Tractors,
Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, Yayasan Astra Agro Lestari dan
Yayasan Insan Mulia Pamapersada Nusantara. Membantu terlaksananya program CSR
Astra.
Grup Astra mencatat hingga 2014, di bidang pendidikan mereka
telah menjalan CSR dengan menyalurkan 159.245 paket beasiswa, membina 13.262
sekola dan membina 28.199 tenaga pengajar. Sementara di bidang lingkungan Astra
hingga 2014 telah menanam sedikitnya 3.333.456 batang pohon dan membudidayakan
805.346 tanaman mangrove.
penanaman pohon |
Kemudian pada bidang kesehatan, Astra hingga 2014 melalui
keberadaan mobil kesehatan Astra (MOKESA) telah melayani sedikitnya 94.296
orang pasien, membina 915 unit Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan
mengumpulkan 126.452 kantong darah dalam berbagai rangkaian donor darah.
Selain itu dalam pilar keempat yang menyasar pada
pemberdayaan ekonomi masyarakat, tidak kurang dari 8.646 UKM telah mendapatkan
pembinaan dari Astra hingga 2014 yang diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja
sebanyak 57.837 orang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar